Pameran Tunggal Seni Rupa, Karya Timbul Raharjo diadakan Lagi Tahun Ini

Yogyakarta – Timbul Raharjo seniman asli Yogyakarta kembali mengadakan pameran karyanya untuk kedua kalinya. Pameran ini diadakan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dengan takjub Me, Myself and I Part 2. Pameran tersebut dibuka pada Jumat (28/6/) malam dan akan berakhir Minggu (7/7)

Sebelumnya, Timbul Raharjo telah mengadakan pameran pertamanya dengan tema yang sama pada 2017. Pameran yang bersifat bienalle yang kedua ini, menampilkan 100 karya Timbul Raharjo. Bagi Timbul sendiri, pameran ini berfungsi sebagai media komunikasinya kepada masyarakat.

“Yogyakarta kan dikenal oleh orang luar kan banyak senimannya. Salah satu senimannya saya sendiri,yang membuat karya patung yang berbeda dengan seniman yang lain. Jadi saya ingin mengkomunikasikannya kepada masyarakat.” Ucap seniman yang juga berprofesi sebagai dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Makna dalam tema pameran ini karena dalam pengerjaan karyanya, Timbul melakukan semuanya seorang diri. Pengerjaannya pun membutuhkan waktu 2 tahun pengerjaan. Timbul sempat mengalami stroke, sehingga pengerjaan karyanya sempat terhambat. Timbul juga menerangkan jika bentuk atau figure manusia, hewan dan bentuk yang populer di masyarakat.

“Yaa bentuk figure yang saya tampilkan di sini adalah bentuk – bentuk seperti figur manusia, hewan, bentuk – bentuk yang memang populer di masyarakat.”

Pada penutupan semalam, pameran yang sudah berlangsung 10 hari ini tak kekurangan respon dan berhasil mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat terutama penikmat seni patung.  (Nur Febriana / 01716143775)

Leave a comment