5 Cara Alternative meredakan demam

Yogyakarta – Demam membuat produktivitas seseorang menurun. Peningkatan suhu tubuh hingga sakit di area seluruh badan membuat orang tidak nyaman melakukan aktivitas. Tapi, bagi Anda yang mengalaminya bisa meredakannya dengan  berbagai cara mudah yang bisa dilakukan. Melansir dari situs Times of India pada Sabtu, 6 Juli 2019, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Berendam di air hangat

Jika Anda berpikir bahwa cara efektif menurunkan demam ialah dengan berendam pada suhu air yang bertolak belakang dengan tubuh alias dingin, Anda salah. Sebab air dingin justru membuat suhu tubuh yang panas menjadi meningkat. Sebaliknya, dengan menggunakan suhu yang sama, yakni hangat, akan sangat baik untuk mempercepat kesembuhan demam.

2. Kompres dengan spons

Apabila dirasa kurang memungkinkan untuk mandi dengan air hangat, alternatif lain ialah dengan kompres. Dalam hal ini, kompres menggunakan spons pada bagian tubuh yang hangat seperti ketiak dan selangkangan. Anda juga bisa meletakkan kain lembap di dahi dan leher untuk membantu mengembalikan suhu tubuh normal.

3. Minum jahe hangat

Menyeduh dan mengkonsumsi secangkir jahe hangat juga terbilang efektif bagi pasien yang mengalami demam. Untuk membuatnya, cukup letakkan setengah sendok jahe cincang dalam 1 cangkir air matang. Saring ampas yang ada, lalu minum.

4. Makan makanan pedas

Tahukah Anda bahwa makanan pedas dapat pula menyembuhkan demam? Hal tersebut rupanya disebabkan oleh komponen utama cabai, yakni capsaicin. Zat ini dapat membuat seseorang berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah dengan cepat. Oleh karena itu, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menambahkan  cabai rawit ke dalam makanan Anda saat demam.

5. Minum banyak air putih

Jagalah agar tubuh Anda tetap terhidrasi saat menderita demam. Minumlah setidaknya 8 hingga 12 gelas air sehari untuk membuat air seni Anda berwarna terang. Melakukan hal ini akan menggantikan hilangnya cairan dan mineral dari tubuh, serta mempercepat kesembuhan demam.

(Ryanka Ibrahim / 01716143776)

Leave a comment