Pergaulan bebas, Jerat Masa Depan Anak Muda

Yogyakarta – Banyaknya permintaan menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Oleh pasangan muda, membuat banyak spekulasi yang berkembang di masyarakat. Banyak yang membicarakan fenomena ini dan mengkaitkannya dengan pergaulan yang terjadi di masyarakat. Kecamatan Godean menjadi salah kecamatan dengan tingkat pernikahan dini yang tinggi di Kabupaten Sleman.

Muhammad Wiyono selaku Ketua KUA Kecamatan Godean menuturkan banyaknya pernikahan dini ini memang tak lepas akibat salah pergaulan. Masyarakat Godean yang majemuk dimana Godean merupakan kecamatan yang terdiri dari percampuran perngaruh desa dan perkotaan. Kehidupan yang tanpa batas dan hanya diselingi dengan kesenangan itulah yang menjerat remaja saat ini untuk masuk ke dalam jurang pergaulan bebas.

Pendidikan Seksual

Kebanyakan orang tua menilai jika memberikan pendidikan seks di rumah merupakan suatu hal yang tabu. Anak remaja punya rasa penasaran yang tinggi tentang seks dan seksualitas. Ini adalah bagian alami dari proses tumbuh kembangnya. Namun, rasa penasaran yang tidak didampingi oleh pengetahuan mumpuni dapat menuntun anak memuaskan rasa ingin tahunya lewat saluran lain yang umumnya tidak tepat dan bisa jadi berbahaya. Misalnya dari internet, film porno, mitos-mitos, serta tekanan teman sebaya. Pendidikan seksual bukan hanyalah mengenai hubungan seks semata. Orang Tua dapat menjelaskan mengenai perbedaan tubuh laki-laki dan perempuan secara umum, bagaimana kehamilan terjadi, bahaya melahirkan usia muda, perubahan tubuh ketika puber, serta area-area tubuh yang tidak boleh disentuh orang asing. Dengan memberikan pengetahuan seperti ini, mampu mengindari anak dari pergaulan bebas.

Temukan Hobi dan Kesenangan yang Mampu Mendukung Karier di Masa Mendatang

Lalu bagaimana cara agar remaja terhindar dari pergaulan bebas? Banyak cara untuk terhindar dari pergaulan bebas. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan yang bersifat positif seperti melakukan hobi. Banyak kegiatan yang bisa dijadikan hobi seperti membaca buku, menyanyi, mengumpulkan perangko ataupun kegiatan olahraga. Dengan memilih kegiatan – kegiatan seperti ini mampu juga mendukung masa depan kita. Tak hanya itu, bergaulan di dalam lingkungan yang positif juga penting dilakukan. Bukan pemilh, namun bukankah seseorang berkah memilih untuk berada dimana dia tinggal dan bergaul ? Faktor yang penting lainnya adalah dengan mempertebal iman dari godaan – godan yang hadir di masyarakat. (Nur Febriana/01716143775)

Leave a comment